News Update :

Kamis, 01 April 2010

Kebutuhan akanan Sistem navigasi GPS makin beragam pilihannya dengan rentang harga Jual GPS yang makin terjangkau. Selain sistem yang terpasang menyatu di dashboard (in-dash system) ada juga yang portable/jinjing.

Pada dasarnya fungsi semua GPS Sama-sama berfungsi sebagai penunjuk arah, GPS portabel memiliki kelebihan dibandingkan in-dash system. Salah satunya lebih mudah dibawa kemana-mana, dipasang di mobil apa saja dan dipindah dari satu mobil kemobil lain, bahkan naik sepeda atau jalan kaki. Bobotnya yang ringan dan ukurannya ringkas menjadi salah satu alasan kosumen memilih GPS . Disisi lain tidak semua GPS portable penggunaannya semudah in-dash system.

Harga Jual GPS yang ditawarkan portabel juga lebih menarik. Di USA harganya antara $200 sampai dengan $650, sementara yang in-dash harganya bisa mencapai $2000. Versi portabel di USA sudah dilengkapi dengan database peta Amerika Utara bahkan yang mahal dilengkapi dengan real-time traffic reporting, memberi informasi kondisi lalulintas jalur yang akan dilewati.

Di pasar ada banyak merek seperti Garmin, Hewlett-Packard, LG, Magellan, Mio, Navigon, Pioneer, dll. Model-model yang datang belakangan ukurannya terus mengecil dibandingkan yang lama. Tapi tidak selalu lebih baik. Kalau terlalu kecil, jadi sulit dibaca dan dioperasikan.

Cara Memilih

Model-model tertentu menawarkan kemudahan lebih dibandingkan yang lain dalam hal memasukkan tujuan dan memberikan petunjuk arah lebih jelas.

Sistem navigasi dulu: Meskipun GPS Portabel sering memiliki fitur pendamping lain, disarankan untuk fokus lebih dulu pada kinerja navigasinya. disamping itu perhatikan fitur-fitur navigasinya dan jangkauan peta-nya. Baru yang lain.

Avoiding traffic: Bila dilengkapi dengan kemampuan memberi informasi kondisi lalulintas, akan sangat membantu menghindari jalan yang padat atau macet. Sistem bisa menawarkan alternatif jalur untuk menghindari macet. Juga melaporkan bila ada kecelakaan atau perbaikan jalan. Sistem ini biasanya membutuhkan external receiver atau ponsel untuk mendapatkan informasi lalulintas itu. Di USA, harus mendaftar agar bisa menikmati layanan itu.

Text-to-speech capability. Sistem yang bisa menyebutkan nama jalan daripada hanya mengatakan belok kanan atau belok kiri tentu lebih banyak membantu anda di kawasan baru. Fitur ini jadi terasa manfaatnya di perkotaan. Fitur ini juga membantu anda untuk tetap fokus ke jalan dan tidak mengalihkan pandangan ke layar sistem navigasi untuk membaca nama jalan.

Batteri: Karena sifatnya portable, dibawa kemana-mana, usia pakai batteri jadi penting. Pilih yang hemat. Ada juga yang dilengkapi dengan colokan utnuk 12 volt yang bisa dipakai di mobil.

Ukuran menentukan. Semakin mudah dibawah, semakin baik, khususnya bila harus sering dibawa-dibawa dalam tas. Beberapa model tidak lebih besar dari dompet. Faktor lain yang harus diperhatikan adalah soal database peta termasuk tingkat ketelitiannya karena kita berada di Indonesia maka hal tersebut harus dipreioritaskan.


sumber:http://bikin.web.id

Share this Article on :

0 komentar:

Poskan Komentar

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...
 

© Copyright Dimas Zone 2010 -2011 | Design by Herdiansyah Hamzah | Published by Borneo Templates | Powered by Blogger.com.