News Update :

Teleskop Hubble: rilis gambar menakjubkan

Sabtu, 24 April 2010

Teleskop Hubble Rilis Gambar Menakjubkan dari Matahari. NASA dalam hal ini merilis gambar terbaru matahari yang menakjubkan yang diambil oleh Teleskop Hubble, teleskop ruang angkasa yang dirancang untuk mempelajari matahari. Gambar yang menakjubkan ini belum pernah disaksikan sebelumnya, diantaranya sebuah foto close-up dari permukaan matahari dan gambar beresolusi tinggi dari lidah api matahari. Foto beresolusi tinggi dari lidah api matahari dalam berbagai ukuran panjang gelombang ultraviolet ini menawarkan sesuatu yang luar biasa bagi para ilmuwan.




"Foto awal ini menunjukkan matahari yang dinamis yang belum pernah saya lihat dalam lebih dari 40 tahun penelitian matahari," kata direktur Heliophysics Division NASA, Richard Fisher. "SDO akan mengubah pemahaman kita mengenai matahari dan proses matahari yang mempengaruhi kehidupan kita dan masyarakat. Misi ini akan memiliki dampak besar bagi ilmu pengetahuan, mirip dengan dampak dari teleskop Hubble dalam astrofisika modern," lanjut Fisher.

"SDO adalah '(teleskop) Hubble kita untuk matahari,'" kata Lika Guhathakurta, seorang ilmuwan NASA, dalam sebuah pernyataan yang dirilis hari Rabu (21/4). NASA mengatakan SDO akan memainkan peran penting dalam membantu para ilmuwan memahami bintang terdekat kita secara lebih teliti, seperti halnya soal efeknya pada planet kita.

Sejak diluncurkan pada tanggal 11 Februari 2010, SDO telah pindah ke orbit geosynchronous dan membawa perangkat untuk online. Gambar yang dirilis pada konferensi pers hari Rabu di antaranya gambar pertama yang dikirim kembali oleh Atmospheric Imaging Assembly, teleskop utama observatorium itu.

Satu hal yang membuat SDO unik adalah kemampuannya untuk menghasilkan gambar besar - secara harfiah. Alih-alih hanya berfokus pada sebagian matahari, observatorium utama ini bisa memantau seluruh matahari.

NASA berencana untuk memiliki SDO yang bisa beroperasi lima tahun selanjutnya, sembari mengatakan observatorium memiliki cukup bahan bakar untuk terus beroperasi untuk lima tahun tambahan setelah menyelesaikan misi awalnya.

Sumber: http://kutak-ketik.blogspot.com
Share this Article on :

0 komentar:

Poskan Komentar

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...
 

© Copyright Dimas Zone 2010 -2011 | Design by Herdiansyah Hamzah | Published by Borneo Templates | Powered by Blogger.com.