News Update :

Opera Unite

Senin, 06 Desember 2010


Kemarin, Opera telah mengenalkan produk terbarunya yang saat ini masuk dalam Opera labs dengan nama Opera Unite. Opera Unite merupakan web browser yang telah dilengkapi dengan kemampuan yang menjadikan komputer penggunanya sebagai server. Dalam kemasan Opera labs release yang sudah dapat didownload dan dicoba, Opera Unite dilengkapi layanan Web Server untuk mempublikasikan web langsung dari komputer pengguna, File Sharing untuk berbagi file yang tersimpan di komputer, Fridge yang merupakan aplikasi yang memungkinan pengakses meninggalkan pesan, Media Player, Photo Sharing, dan The Lounge yang merupakan aplikasi untuk chatting. Tambahan fitur tersebut kabarnya akan menjadi bagian dari Opera 10 mendatang.

Dengan adanya layanan dalam Opera Unite tersebut, komputer yang digunakan dapat dijadikan sebagai server yaitu penyedia layanan yang dipilih untuk diaktifkan yang dapat diakses oleh pengguna internet. Contohnya, dengan mengaktifkan fitur Media Player, pengguna komputer dapat memilih direktori yang berisi file-file musik untuk kemudian dipublikasikan tanpa terlebih dulu mengupload ke server lain. Nantinya dalam pengaturan layanan ini akan mendapatkan alamat internet untuk mengaksesnya. Kemudian, pengguna seperti teman yang diberitahu alamat tersebut akan dapat mengakses dan memainkan langsung lagu-lagu yang tersedia.

Untuk setiap layanan yang akan diaktifkan, akan diberikan alamat (URL) yang digunakan agar dapat diakses dari internet. URL inilah yang nantinya dibagi atau diinformasikan kepada siapa yang dapat mengakses layanan ini. Di sini, terdapat pula pengaturan bagaimana layanan tersebut dapat diakses, apakah setiap orang langsung dapat mengaksesnya (Public), terbatas dengan cara mengeset password aksesnya (Limited), atau hanya untuk dapat diakses sendiri (Private).

Yang perlu diperhatikan adalah bahwa setiap akses yang dilakukan akan langsung dihubungkan ke komputer yang menjalankan layanan dari Opera Unite ini, sehingga agar dapat diakses maka komputer harus dalam keadaan hidup dan terkoneksi dengan internet.

Untuk dapat mengaktifkan Opera Unite, diperlukan Opera Account dimana username yang dipilih nantinya akan digunakan dalam pengalamatan layanan, seperti misalnya http://o2.maseko76.operaunite.com/fridge/ yang saat saya menuliskan ini saya aktifkan.

Opera Unite | via gHacks

sumber: maseko.com

Share this Article on :

0 komentar:

Poskan Komentar

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...
 

© Copyright Dimas Zone 2010 -2011 | Design by Herdiansyah Hamzah | Published by Borneo Templates | Powered by Blogger.com.