News Update :

beberapa software gratis

Rabu, 06 Juli 2011

gimp_ikon.jpg
Gimp (GNU Image manipulation Program)
Software alternatif Adobe Photoshop. Mempunyai kemampuan yang setara. Bagi para pengguna photoshop, yang dirasakan sangat kurang yaitu tidak adanya adjusment layer (adjusment hanya dapat dilakukan pada layer tanpa dapat di edit ulang), healing brush (hanya ada clone stamp tool, seperti photoshop 7 ke bawah), dan beberapa fungsi kecil lainnya seperti liquify, dll. Tapi kekurangan tersebut masih dapat di toleransi dengan ekstra effort tentunya.
website: www.gimp.org


inkscape_ikon.jpg
Inkscape (Draw Freely)
Vector drawing tools yang satu ini mempunyai kemampuan yang cukup hebat. Merupakan pengembangan dari program serupa bernama sodipodi. Kekurangan dibandingkan Illustrator adalah tidak adanya mesh gradient dan layer blending. Tetapi kemampuan lain cukup setara.

Website: www.inkscape.org

blender_ikon.jpg
Blender3D (3D Creation Suite)
Free 3D animation Software terbaik. Kemampuannya menciptakan modeling, compositing sampai animating tergolong sangat baik. Kelemahan software ini adalah interface dan logika tools yang berbeda dengan commercial 3D software umumnya. Tetapi begitu mengerti cara menggunakan nya maka Blender merupakan tandingan yang patut diperhitungkan.
Website: www.blender.org

scribus_ikon.jpg
Scribus (Desktop Publishing)
Software ini mempunyai kemampuan sehebat In Design atau Quark Xpress. Dari single page sampai Multi pages layout dapat dilakukannya. Kemampuan image drawing (vector) sangat kompatibel dengan sodipodi/inkscape. Sedangkan text editornya sangat berkaitan erat dengan Open Office.
Website: www.scribus.net

nvu_ikon.jpg
NVU (HTML authoring tools)
Web authoring tools ini paling populer bagi web designer. Dibuat berbasiskan browser mozilla. Mirip dengan Composer atau MIcrosoft Frontpage. Kelemahannya adalah tidak adanya frame tools. Alternatif tanpa frame dapat dilakukan dengan menggunakan CSS.
Saat ini NVU dikembangkan menjadi Kompozer (interface dan engine yang sama - hanya saja dengan perbaikan pada beberapa bugs, terutama CSS).
website:
www.nvu.com , www.nvudev.com , www.kompozer.net

kerkythea_ikon.jpg
Kerkythea (Rendering System)
Software rendering independent ini sangat populer karena merupakan salah satu free software rendering system terbaik. Jika anda menggunakan program 3D seperti Blender, Silo, anim8or, google skecthup (free software) maka sangat kompatible.
Website: www.kerkythea.net

zs4_ikon.jpg
Zs4 (Video Editor)
Memotong, mengedit, menambahkan efek transisi, memberi title, dll dapat dilakukan oleh software yang satu ini. Dibuat berdasarkan software terdahulu yang cukup populer yaitu t@bzweistein versi 3. Hanya saja ZS4 ini ditulis ulang dan disempurnakan (bukan versi terbaru t@bzweistein).
Website: www.zs4.net

audacity_ikon.jpg
Audacity (Music Editor)
Ingin memotong-motong lagu, mengedit dan memberi efek envelope dan lain2 seperti pada sony Soundforge? Jika iya, gunakan software yang satu ini. kemampuannya dapat diandalkan.
Website: audacity.sourceforge.net

openoffice_ikon.jpg
Open Office (Office Tools)
Kesal dengan microsoft office yang sangat mahal ?? Gunakan open office. Semua fitur setara dengan microsoft office: word, excell, power point, access semua ada.
website: www.openoffice.org

LiveSwif (flash animation)
Sangat sulit menemukan free flash animation software. Mungkin Lifeswif satu-satunya program gratisan alternatif flash software. Program lain seperti Swishmax, Koolmoves, Quicker, TAB umumnya adalah free to try. Artinya gratis pada untuk waktu tertentu (biasanya30 hari). Sayangnya Lifeswif ini sudah ditinggalkan oleh developernya sehingga terbengkalai. Kini Lifeswif ditangani oleh komunitas user, dan bersama-sama mencoba untuk menghidupkan kembali dengan membuat versi 3 (akan disebut Openswif) - hanya saja kelihatannya masih cukup lama untuk menyelesaikannya. Well, untuk sementara, silahkan coba Liveswif 2.2 ini. Kemampuannya cukup baik, mendukung actionscript 1.0. Kekurangan paling terasa adalah tidak adanya masking dan dynamic text. Video FLV belum bisa dibaca oleh lifeswif 2.2. Video harus dikompresi terlebih dahulu menjadi file swf. Kalau terbiasa dengan Flash 4.0 atau Flash 5.0, nggak akan kesulitan membuat website flash kreatif dengan Liveswif
Website:
http://www.liveswifers.org/

Expression (Vector Drawing Tools) (No longer Free)
Expression bisa dikatakan mendekati atau setara dengan illustrator, coreldraw, freehand. Kemampuannya dalam vector drawing sangat baik. Terlebih penggunaan brush bitmap seperti pada illustrator atau bahkan layer blending tersedia pada expression. Hanya saja Creature House selaku pembuat Expression kini telah diakuisisi oleh microsoft. Sehingga Expression kini menjadi produk microsoft dan sudah dikeluarkan versi komersial nya dengan label Expression Studio. Versi Gratis masih tersedia untuk di download (Expression 3) walaupun tidak disediakan link langsung dari situs microsoft. Ini hanya disebabkan microsoft masih mensupport pengguna loyal Expression versi 1 dan 2. Nah, selagi masih gratis, silahkan coba expression 3 (free) atau jika tertarik silahkan download Expression Studio (free 30 days).
Untuk Download link Expression3: click here

website: www.microsoft.com/creaturehouse

sketchup ikon
Google Sketchup
(3D Sketch tool)
Software ini sebaiknya wajib dimiliki oleh para desainer arsitek, interior, produk atau sejenisnya. Dengan interface yang simple, mudah digunakan… idea atau sketsa desain kita bisa dibuat 3D nya dalam waktu singkat. Misalnya untuk menggubah masa dan ruang arsitektur, interior atau sketsa bentuk produk hanya dalam waktu hitungan menit.. zazaamm! jadi deh. Untuk kemampuan rendering yang realistic.. bisa pakai kerkythea. Khusus sketchup pro (commercial) punya kemampuan import dan export dari cad program atau 3D program lainnnya. Well, Google sketchup (free) juga punya community yang besar. Bisa download komponen2 gratis misalnya, mobil, manusia, furnitur, dll.
website: www.sketchup.com

wax_ikon.jpg
Wax (Video Editor and Effects)
Wax merupakan video editor dan effect gratis yang cukup powerfull. Ingin bisa memotong, edit, memberi title dan transisi seperti adobe premiere? Wax bisa! ingin memberi effects seperti adobe after effects? Wax bisa! walaupun efek tidak sehebat AE. Wax juga bisa berlaku sebagai plugin untuk Sony Vegas dan Adobe Premiere. Best of all… It’s free!
website: www.debugmode.com/wax

Virtual Dub (video Capture/processing tool)
Virtual Dub merupakan software untuk capture video dan processing linear seperti Adobe Premiere. Walaupun banyak hal sangat kurang dibandingkan Premiere, Virtualdub cukup powerfull dan mampu merender dengan cepat. Virtual Dub juga masih dapat di extend dengan menggunakan third party filters. Banyak free filter untukj virtual dub ini. Sayangnya Virtual Dub lebih diutamakan untuk output Avi, walaupun bisa membaca Mpeg-1.
website: www.virtualdub.org

progecad
ProgeCAD (AutoCAD alike)
ProgeCAD Smart merupakan program CAD freeware yang paling ampuh. Kemampuannya menyerupai autocad. Bahkan ProgeCAD dapat membaca dan menulis file autocad baik dari seri 1-2008. Jika anda pernah menggunakan autocad maka tidak akan menemukan kesulitan berarti utk menggunakan progeCAD ini. Karena semua tampilan, tools, dan command sangat menyerupai.
website: www.progesoft.com


TrueSpace
(3D Suite Program)
Caligari, pembuat program 3D TrueSpace akhirnya membuat versi terbaru TrueSpace 7.6 free alias gratis.
Mengutip perkataan CEO Caligari: “

we are making trueSpace7.6 available to
everyone at no charge,
in a giant step forward to bring high-end
3Dauthoring tools to all who want them!
trueSpace7.6 is far more than a SketchUp-style
3D architectural modeling tool
Website: www.caligari.com


sumber : sangguru.com confident

Share this Article on :

0 komentar:

Poskan Komentar

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...
 

© Copyright Dimas Zone 2010 -2011 | Design by Herdiansyah Hamzah | Published by Borneo Templates | Powered by Blogger.com.