News Update :

matematika: simulasi ujian nasional

Jumat, 15 Juli 2011

Hajatan akbar yang akan diselenggarakan oleh Kementrian Pendidikan Nasional akan berlangsung sebentar lagi, kurang dari 2 bulan Pelaksanaan Ujian Nasional semakin mendekat.
Semua persiapan mungkin telah dilakukan siswa untuk menhadapi perhelatan tersebut, mulai dari penambahan jam pelajaran di sekolah, mengikuti bimbingan belajar, mengikuti try out, belajar kelompok, dan kegiatan lain yang mendukung terciptanya kondisi yang kondusif agar setiap siswa dapat lulus dari Ujian Nasional nanti.

Semua persiapan telah dilaksanakan, setiap detil telah diperhatikan, sekarang saatnya bagi anda mengukur tingkat kelulusan anda di Ujian Nasional nanti. Sebagaimana kita ketahui bahwa Ujian Nasional tahun ini mempunyai kriteria yang berbeda dengan tahun lalu. Perbedaan itu salah satunya terletak pada komponen lain yang dimasukkan sebagai pertimbangan terhadap Nilai Akhir yang di dapat.

Ada 3 komponen nilai yang dijadikan sebagai komponen pada perumusan Nilai Akhir pada Ujian Nasional nanti, yaitu nilai sekolah ( terdiri dari nilai rapor dan nilai ujian sekolah ) dan nilai Ujian Nasional itu sendiri dengan komposisi 60% untuk nilai Ujian Nasional dan 40% untuk nilai sekolah. Meski telah menambahkan dua komponen pada penilaian akhir, tetapi pada kenyataannya komposisi terbesar tetap ada pada nilai Ujian Nasional.

Jika kita perhatikan secara seksama Permen maupun POS yang mengatur Ujian Nasional yang menetapkan nilai kelulusan maka dapat diambil kesimpulan bahwa komposisi yang sesungguhnya dari penilaian akhir adalah sebagai berikut :spirit
1. Nilai rapor 16%
2. Nilai Ujian Sekolah 24%
3. Nilai Ujian Nasional 60%

Dapat kita lihat bahwa Ujian Nasional masih mengambil porsi yang besar untuk kelulusan, oleh karenya masih dibutuhkan kerja keras oleh siswa agar bisa lulus pada Ujian Nanti. Meski begitu bukan berarti Ujian Nasional tetap menjadi momok bagi semua siswa, kemudahan dengan menambah komponen lain dalam kelulusan harusnya tetap menambah semangat siswa agar kelulusan Ujian Nasional bisa lebih baik dari tahun sebelumnya.

Agar kita bisa mendapat gambaran bagaimana kelulusan Ujian Nasional nanti berikut hasil utak - atik saya membuat rumusan sederhana / simulasi nilai Ujian Nasional menggunakan microsoft excel tentang batas minimal nilai yang harus kita dapat pada Ujian nanti. Semoga rumusan ini bisa memberi gambaran kepada kita persiapan apa yang harus dilakukan agar kita benar - benar siap menghadapi Ujian Nasional nanti.

Silahkan DOWNLOAD DISINI untuk mendapatkan simulasinya.
Share this Article on :

0 komentar:

Poskan Komentar

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...
 

© Copyright Dimas Zone 2010 -2011 | Design by Herdiansyah Hamzah | Published by Borneo Templates | Powered by Blogger.com.