News Update :

islam dalam teknologi

Sabtu, 03 April 2010

Oleh: Siti Bati’ah Balqis

Pernah dengar kan, teknologi umat Islam sudah cukup maju... Kita akan membahas ini, jadi simak ya! Kalau enggak, disuruh hormat bendera satu jam lho! (Bercanda..)

Pertama, kita bahas dulu apa itu teknologi dan bagaimana teknologi digunakan dalam dakwah Islam...

Teknologi itu salah satu cara untuk membantu meringankan pekerjaan manusia kan? Teknologi itu juga dapat memperkecil batas ruang dan waktu. Begitu juga dalam Islam.

Bagi kebanyakan saudara kita, mereka menggunakan teknologi untuk berdakwah. Bisa melalui tulisan, lisan atau apapun itu, yang penting pasti menggunakan teknologi..

dan karena teknologi dapat memperkecil batas ruang dan waktu, kita jadi bisa pergi ke saudara-saudara kita yang jauh untuk bersilaturahmi. Meskipun untuk itu kita akan mengelarkan uang saku untuk menggunakan teknologi tersebut.

Berdakwah dengan tulisan? Bisa dong! Banyak orang yang ‘blogging’ dengan berbagai tulisan tentang Islam. Ada yang mengajak kepada Islam, ada yang menerangkan hukum-hukum Islam, ada yang membahas kelakuan-kelakuan kita menurut Islam, ada yang menceritakan sejarah Islam, para nabi dan sahabat-sahabatnya, dan masih banyak!

Bayangkan saja, ada yang sengaja membuat software, website, blog, atau forum yang khusus akan membahas Islam. Tapi ada juga yang membuat artikel dan buku yang membahas Islam. Membuat artikel atau buku itu pasti membutuhkan teknologi.. Bahkan untuk membuat Al-Qur’an juga membutuhkan teknologi lho!!

teknologi sederhana, ya mengumpulkan tulisan-tulisan dari koran (koran juga membuatnya pakai teknologi mesin cetak lho!).. teknologi modern, ya seperti yang tadi.. membuat blog misalnya, pasti butuh koneksi internet. Melalui HP, misalnya SMS dakwah yang meningatkan kita hukum Islam, doa-doa nabi (tapi bukan yang disuruh menyebarkan SMS tersebut kalau enggak dapat bencana! Itu syirik namanya!!)

Berdakwah dengan lisan juga membutuhkan teknologi lho! Para ulama atau ustadz yang ceramah pasti membutuhkan mikrofon, speaker dan alat pengeras suara lainnya. Kalau enggak pake alat-alat seperti itu, nanti pita suara mereka bisa putus karena teriak-teriak ke warga setempat untuk berceramah.

Nah, tadi kita sudah membahas apa itu teknologi dan berbagai macam contoh penggunaannya dalam dakwah Islam. Coba kita renungkan berbagai kegiatan kita. Apa ada yang tidak membutuhkan teknologi? Tidur pun kita menggunakan teknologi lho! Karena kita membutuhkan tempat untuk tidur. Butuh kain yang hangat untuk dijadikan selimut. Kain itu kan membutuhkan teknologi untuk membuatnya.

Makanya, jangan kira kita tidak membutuhkan teknologi. Karena manusia purba juga menggunakan teknologi (meskipun masih sangat sederhana) untuk hidup. So, kita sebagai generasi penerus harus wajib kudu meningkatkan penggunaan teknologi (sekaligus mengurangi dampak negatifnya) dalam Islam. Semangat! Chayo!....

Share this Article on :

0 komentar:

Poskan Komentar

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...
 

© Copyright Dimas Zone 2010 -2011 | Design by Herdiansyah Hamzah | Published by Borneo Templates | Powered by Blogger.com.