News Update :

Memonitor jalur data VoIP dengan wireshark

Jumat, 09 April 2010

Pengujian ini dilakukan dengan tujuan untuk membandingkan hasil dari menganalisa data yang lewat melalui protokol UDP (pada sistem VPN yang digunakan, protokol yang diproteksi atau enkapsulasi hanya pada protokol UDP saja, karena aplikasi yang digunakan adalah VoIP dimana transfer data menggunakan protokol UDP. Sedangkan protokol TCP pada komunikasi VoIP hanya digunakan sebagai signaling saja. Analisa jaringan paket data VoIP dilakukan dengan menggunakan bantuan software Wireshark

Langkah-langkahnya adalah sebagai berikut:

1. Instal software Wireshark menggunakan DVD repository Ubuntu 7.10

# apt-get install wireshark

2. Setelah terinstal, jalankan program Wireshark.

Tampilan awal Wireshark

3. Pilih Menu Capture | Interfaces, kemudian pilih interfaces yang akan digunakan untuk capture paket data VoIP :

Tampilan pilihan device Wireshark

4. Pada dasarnya ada tiga bagian besar tampilan data yang di capture, yaitu:

  • Tampilan semua data yang di capture, yang terdiri dari waktu (time), source (IP address pengirim), destination (IP address tujuan), protocol yang digunakan dan informasi dari jaringan yang di capture..
  • Tampilan lebih detail dari sebuah paket yang di capture terutama melihat layer atau lapisan protokol.
  • Tampilan hexadesimal dan ASCII dari paket yang diterima.

Pengujian dilakukan dengan menghubungi server VoIP (192.168.l7.17) menggunakan fasilitas demo-test Asterisk (extensions 500) melalui client VoIP extensions 2002 (192.168.17.18). Untuk capturing paket data VoIP digunakan software Wireshark pada server, berikut langkah-langkahnya:

  • Pastikan komunikasi VoIP sudah berjalan dengan baik.
  • Software Wireshark dijalankan dan dikonfigurasi sesuai dengan langkah-langkah menggunakan software
    Wireshark.
  • Software Wireshark akan melakukan capturing data VoIP melalui interfaces server 192.168.17.17, pilih filter protokol RTP maka akan didapat hasil seperti gambar dibawah ini:

Capturing data VoIP dengan filter protokol RTP

Analisa :

Pada hasil dari proses capturing data VoIP tanpa VPN dengan menggunakan filter protokol RTP, didapatkan data penting dalam sistem VoIP yaitu termonitornya codec yang digunakan (G.711) pada komunikasi VoIP antara server dan client.

  • Pilih menu Statistic | VoIP Calls, maka akan didapat hasil seperti gambar dibawah ini:

Tampilan hasil VoIP Calls packet

  • Kemudian pilih paket VoIP Calls yang akan di capture, dengan memilih button Player maka akan didapat tampilan RTP Player seperti gambar berikut ini:

Tampilan hasil RTP Player

Analisa:

Dari tampilan RTP Player, didapatkan hasil rekaman pembicaraan server (192.168.17.17) ke client (192.168.17.18). Untuk mendengarkan rekaman, centang rekaman yang ter-capture dan jalankan dengan menekan tombol Play.

Call Flow SIP

Selain menggunakan CLI Asterisk, memonitor jaringan data VoIP juga dapat dilihat menggunakan Wireshark. Tools analisa jaringan ini dapat memperlihatkan call flow SIP dari komunikasi antara user.

Tampilan Call Flow data VoIP dengan Wireshark


sumber: http://dikmansn.wordpress.com/2010/02/08/capturing-data-voip-dengan-wireshark/

Quantcast



Share this Article on :

1 komentar:

Anonim mengatakan...

mas dimas saya mau tanya, pada saat saya capture dengan wireshark, ternyata protocol rtp nya tidak tercapture, mohon pencerahannya, karena yang tercapture hanya protocol udp nya saja

Poskan Komentar

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...
 

© Copyright Dimas Zone 2010 -2011 | Design by Herdiansyah Hamzah | Published by Borneo Templates | Powered by Blogger.com.