News Update :

ngeblog offline pake xampp

Minggu, 21 Maret 2010

Welcome back my dear guest. Hha. Hanya sedikit sambutan saja. Saya punya info bagus nih. Bagi kamu-kamu semua yang suka sama yang namanya blogging, terus masih pemula, saya punya sedikit tips nih buat kamu semua untuk latihan blogging secara offline. Daripada pungak-pinguk gak tau harus gimanain blog saat online yang mungkin kalo online di warnet bias sampe 40.000. (hah? Masa sih?) ga deh. Ya sampe mana tadi? Oia, daripada pungak-pinguk, meningan latihan dulu aja di rumah secara localhost atau offline. Latihan ini buat kamu yang suka blogging pake wordpress.org. lalu apa yang harus dipersiapkan sebelum dimulai?

1. Kopi panas (kalau malam)

2. Es kelapa muda (kalau siang)

Haha, ga deh. Ayo kita lanjutkan (kaya SBY aja ya?)

1. Kamu harus nyiapin dulu yang namanya XAMPP. Kamu bisa download di portableapps.com. atau cari aja di google.

2. Data mengenai wordpress.org. kamu bisa download di http://id.wordpress.org

3. Computer yang bagus. Biar ga lelet.

Itu semua adalah toolsnya yang akan digunakan saat proses nanti. Untuk selanjutnya ikuti langkah berikut.

1. Install XAMPP yang sudah kamu download. Install itu sampai beres. Tentunya kamu tahukan caranya?

2. Setelah beres penginstallan, buka directory yang diinstall XAMPP tadi. Lalu buka xampp-control.

3. Apcahe, MySql, dan FTP service dengan cara mengisi kotak SVC pada kotak dialog xampp-control. Dan setelah anda mengklik itu semua klik tombol start pada setiap option-nya.

4. Setelah semuanya aktif, extract file wordpress tadi ke dalam directory htdocs.

Contoh:

D:\dimas\xampp\htdocs

5. Kamu extract di situ. Jika folder wordpress anda masi bertuliskan wordpress 2.7.1 kamu ganti namanya menjadi wordpress saja (tidak pakai saja).

6. Lalu buka web browser anda.

7. Ketikan localhost pada address bar. Nanti akan keluar tampilan awal xampp. Anda bisa pilih bahasa yang anda inginkan.

8. Setelah itu, anda akan mendapatkan tampilan yang berbeda. Anda bisa melihat daftar di pinggir tampilan tersebut.

9. Pilih menu toolsà phpMyAdmin. jika diminta username isi saja username itu dengan nama root dan passwordnya terserah anda.

10. Setelah anda masuk ked ala phpMyAdmin, cari kolom berjudul MySql localhost. Di situ anda bisa membuat sebuah database. Sebelumnya pilih dulu menu dipinggirnya dengan type utf8_unicode_ci. Pilih type tersebut di kedua menu yang ada. Setelah itu ketik nama database yang anda inginkan. Saya sarankan sama dengan nama directory wordpress. Lalu tekan tombol create.

11. Tunggu beberapa saat.

12. Setelah menunggu, ketik http://localhost/wordpress. nanti anda akan melihat tampilan untuk membuat berkas konfigurasi. Klik ciptakan berkas konfigurasi. Nanti anda harus mengisi nama database, username, dan password. Isi database dengan nama database yang telah kita tadi buat dan untuk username isi dengan root. Untuk password masukan password yang telah tadi kamu ciptakan.

13. Lalu klik ciptakan berkas konfigurasi.

14. Setelah anda berhasil, klik install wordpress sekarang.

15. Nanti anda akan diberi username dan password default. Catat itu dansimpan baik-baik.

16. Klik mulai blogging.

Akhirnya beres juga untuk membuat sebuah blog offline. Anda bisa masuk ke dalam blog anda dengan mengetik http://localhost/wordpress. untuk masuk ke dalam dashboard http://localhost/wordpress/wp-admin. selain wordpress anda juga bisa mengisinya dengan joomla. Dengan cara mengikuti langkah-langkah di atas.


Share this Article on :

0 komentar:

Poskan Komentar

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...
 

© Copyright Dimas Zone 2010 -2011 | Design by Herdiansyah Hamzah | Published by Borneo Templates | Powered by Blogger.com.